Laman

Izin Kegiatan Sabung Ayam

Izin Judi Sabung Ayam
Kantor Ombudsman telah memerintahkan penghentian sabung ayam selama satu bulan, Walikota Surigao del Norte Ramon Mondano setelah dinyatakan bersalah karena mengabaikan tugas dengan sederhana dengan mengizinkan kegiatan sabung ayam di kotanya tanpa izin yang diperlukan.

Ombudsman menemukan bahwa pada tanggal 14 Juni 2016, Mondano mengeluarkan izin khusus yang mengizinkan dilakukannya kegiatan sabung ayam di Barangay Matin-ao, yang diadakan pada tanggal 20 sampai 22 Juni 2016, untuk merayakan pesta barangay mereka.

Tapi kemudian diketahui bahwa tidak ada izin barangay dikeluarkan untuk adu ayam tersebut.

Ombudsman mengatakan bahwa Kode Pemerintah Daerah menyatakan bahwa izin dari barangay dimana kegiatan yang harus dilakukan diperlukan sebelum sebuah kota atau kotamadya dapat mengeluarkan izin untuk itu.

"Meskipun penerbitan izin khusus untuk kegiatan sabung ayam khusus sesuai wewenangnya sebagai walikota, dia wajib mewajibkan pengiriman barangay dari Barangay Matin-ao sebelum mengeluarkan izin khusus kepada Purok Masaya. Ini dia gagal melakukannya, "kata Kantor Ombudsman dalam sebuah pernyataan.

Ombudsman menambahkan bahwa jika hukuman penangguhan tidak dapat dilaksanakan lagi karena perpisahan dari layanan, denda tersebut dapat dikonversi menjadi setara dengan gaji satu bulan responden.